Kamis, 25 Januari 2018

Kanker payudara langka, tak terdeteksi dan tanpa benjolan

Kanker payudara langka, tak terdeteksi dan tanpa benjolan,- Apa Anda pernah mendengar mengenai Inflammatory Breast Cancer (IBC)? Ini adalah salah satu jenis kanker payudara yang tergolong langka. Dibanding jenis kanker lain, kanker ini hanya menyerang satu sampai lima persen pasien.

IBC adalah salah satu jenis kanker yang tergolong menakutkan, karena susah dideteksi. Selain tak memiliki benjolan, kanker jenis ini juga seringkali tak terdeteksi pada mammogram. IBC hanya ditandai dengan pembengkakan payudara disertai dengan perubahan warna kemerah-merahan pada payudara.

Liesl Voosen Fields adalah salah seorang wanita yang mengalami IBC. Awalnya dia hanya mengira rasa gatal dan kemerahan pada payudaranya disebabkan oleh udara musim panas. Hingga akhirnya dia memeriksakan diri ke dokter dan divonis terkena IBC stadium IV.

Coba bayangkan, rasa gatal dan warna yang kemerahan saja sudah bisa menjadi pertanda kanker. Pengalaman Liesl tentu memberikan pelajaran bahwa tak ada salahnya selalu waspada.

Lebih baik segera memeriksakan diri sesegera mungkin ketika Anda menemukan hal-hal yang janggal pada payudara Anda. Selain itu, melakukan pemeriksaan sendiri terhadap payudara secara rutin juga sangat disarankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar